Selasa, 16 Juli 2013

Banyak sekali contoh surat lamaran pekerjaan yang bisa Anda temui di berbagai media terutama di internet.Sebenarnya tidak ada rumus ajaib dalam membuat surat lamaran pekerjaan, tetapi hanya beberapa aturan sederhana yang perlu Anda terapkan.

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan
Ada pandangan umum bahwa dalam semua surat bisnis harus diketik, tidak boleh menggunakan tulisa tangan. Namun pandangan itu adalah salah, format surat lamaran pekerjaan Anda itu tergantung pada apa yang diinginkan calon majikan Anda. Beberapa akan menuntut lamaran untuk diketik, sedangkan yang lain akan mengharuskan lamaran tersebut ditulis dengan tangan. Dengan seiring berkembangnya teknologi, sebagian besar perusahaan menerima surat lamaran pekerjaan via-email. Hal ini dikarenakan beberapa surat lamaran pekerjaan dengan menggunakan tulisan tangan ternyata hampir tidak terbaca, jadi sebagian besar perusahaan menuntut surat lamaran kerja tersebut diketik. Akan tetapi jika pihak perusahaan tidak menuntut format tersebut, Anda yang menentukan bagaimana surat lamaran pekerjaan itu dibuat.

Dalam menuliskan surat lamaran kerja Anda perlu menyebutkan sumber informasi tentang tawaran, yang mungkin dari seorang karyawan, iklan koran atau media lainnya. Dan dalam paragraf pertama juga, Anda perlu menjelaskan apa yang menjadikan Anda memenuhi untuk pekerjaan ini. Ini menghemat waktu pembaca dan agar mendapatkan nilai tambah dari pembaca atau HRD.

Pada poin ini Anda harus memperluas pada apa yang Anda telah sebutkan dalam paragraf pembuka. Namun memperluas disini tidak perlu menjelaskan tentang kualifikasi yang sudah tercantum pada CV Anda. Di paragraf ini, akan sangat baik bila Anda mencantumkan pengalaman-pengalaman kerja Anda yang sekiranya akan menjadi bahan pertimbangan dan lebih baik dari kandidat lainnya. Ingat! Dengan surat ini Anda mencoba untuk meyakinkan calon majikan Anda bahwa Anda adalah orang terbaik untuk pekerjaan itu! Beberapa orang memutuskan untuk menambahkan informasi seperti kebangsaan, dan jenis kelamin. Tapi sebagian besar, informasi tersebut tidak relevan dengan pekerjaan. Bahkan, dalam beberapa kasus yang terjadi, surat dengan ditambahkan kebangsaan dan jenis kelamin dapat memperburuk Anda. Beberapa didiskriminasikan karena kebangsaan atau gender. Kadang-kadang, menuliskan informasi mengenai gaji, atau tanggal dimulai bekerjanya, tetapi hal tersebut tidak direkomendasikan hal ini karena dapat memberikan kesan yang salah tentang Anda.

Dalam paragraf penutup Anda harus meminta wawancara dan termasuk rincian yang diperlukan untuk menghubungi Anda. Menyatakan bahwa Anda bersedia untuk dihubungi untuk membahas lebih lanjut kualifikasi Anda untuk pekerjaan itu.

Jika anda kebingungan, silahkan lihat contoh surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar berikut ini.

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan

Bandung, 14 Maret 2013


Kepada YTH.
HRD Manager
PT. Apa Saja.
Bandung

Dengan hormat,

Saya yang bertandatangan dibawah ini :

Nama : ................
Tempat, Tanggal Lahir : .......................
Alamat : ..........................
No. kontak : .............................
Pendidikan terakhir : ..........................

Dengan ini mengajukan surat permohonan untuk bekerja di perusahaan Bapak/Ibu sebagai .....................

Saat ini saya memiliki pendidikan strata satu yang berkorelasi dengan pekerjaan terkait, dan memiliki sedikit pengalaman sebagai finance manager di salah satu perusahaan terkemuka.

Dengan surat permohohan ini, saya menyatakan siap untuk memberikan waktu dan tenaga apabila di perlukan dan besar harapan saya untuk mengikuti tes seleksi dan wawancara. Terima kasih !

Hormat Saya


Nama anda


Lampiran :
  • Daftar riwayat hidup
  • Foto ID (KTP)
  • Foto-copy ijazah terakhir
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA, MOHON MASUKAN UNTUK MEMBUAT BLOG MADRASAH INI LEBIH MAJU

Like Me